Sosialisasi Metode Ceramah Tentang Haid Dismenorea Terhadap Upaya Meningkatkan Pengetahuan Siswi Di SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo Socialization Methods Lectures About Menstruation Dysmenorrhoea Efforts to Improve Students Knowledge In SMP Negeri 1 Grogo

Penulis

  • Nuri Tri Rahmawati Prodi D III Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia
  • Susi Endrawati Prodi D III Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia

Abstrak

Abstract: Young women who reach adulthood will experience menstruation (periods), the periodic and cyclic bleeding from the uterus, accompanied by the release (desquamation) endometrium. Menstruation experienced by young women sometimes cause problems, namely disminorea. Disminorea a gynecological problem, ie stiffness or spasms at the bottom of the abdomen that occurs in time before menstruation. With the onset of menstrual symptoms heaviness in the stage and pain that can interfere with learning activities, and indirectly affects the productivity and quality of life of adolescents. Lecture method can improve the knowledge about menstruation dysmenorrhea terms of cognitive learning outcomes and attitudes / affective students. This research is Kuantitatif croos sectional that is made up of two cycles, each cycle has four stages. Theyare planning, action, observation and reflection. The subjects of the study are female students class 8H and 8I. The data obtained through interviews, affective, questionnaires, and cognitive tests. The technique of data analysis is descriptive qualitative. Showed that socialization with lecture method 1) can increase the result of cognitive learning 71,3% in the first cycle to 83,7% in the second cycle or the percentage of completeness classroom 76% in the first cycle to 94% in the second cycle. 2) Can improve students affective learning outcomes. Data views of the percentage of achievement 77% in the first cycle to 80% in the second cycle. Lecture sociable about menistry dismenorhea can increase student knowledge class 8H and 8I SMP N 1 Grogol Sukoharjo. Keyword: Cross-sectional, dysmenorrhea, cognitive, affectiv  Abstrak: Remaja putri yang menginjak dewasa akan mengalami haid. Haid yang dialami remaja wanita terkadang menimbulkan masalah, yaitu disminorea. Gejala haid dengan timbulnya rasa berat di panggung dan nyeri yang dapat mengganggu aktivitas belajar, dan secara tidak langsung berdampak pada produktivitas dan kualitas hidup remaja. Metode ceramah dapat meningkatkan pengetahuan tentang haid dismenorea ditinjau dari hasil belajar kognitif  dan sikap/afektif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross-sectional. Penelitian ini terdiri dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yang terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian siswi kelas 8H dan 8I. Data diperoleh melalui wawancara tidak terstuktur, angket afektif dan test kognitif. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemberian sosialisasi metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan ketercapaian 71.3% disiklus I menjadi 83.7% pada siklus II, atau dengan persentase ketuntasan kelas 76% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II, 2) dapat meningkatkan hasil belajar afektif siswi. Data dilihat dari persentase ketercapaian 77% disiklus I menjadi 80% pada siklus II. Metode ceramah tentang haid dismenorea dapat meningkatkan pengetahuan kognitif dan afektif siswi kelas 8H dan 8I di SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo. Kata Kunci:  Cross-sectional, Dismenorea, Kognitif, Afektif

Referensi

Arikunto, S. 2005. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2006. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gregory, RJ. 2007. Psychological Testing: History, P and Aplication rinciples 5 th, Edition, Boston, MA: Attyn dan Bacon

Hanafiah, M.J. 2005. Ilmu Kandungan. Jakarta: Penerbit Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirodhardjo

Harunriyanto. 2008. Dismenore Masih sering Membayangi Wanita. Diunduh 4 Oktober 2015. http://www.media info pintar com.
Hendrik. 2006. Problema Haid: Tinjauan Syariat Islam dan Medis Cetakan I. Solo: PT: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: GP Press Group.
Pramukti,H.S. 2013. Komparasi Pengaruh penggunaan Metode Ceramah dan Team Game Tournament Kelas IPS SMA Negeri I Teras Boyolali. [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Santosa. 2008. Angka Kejadian Nyeri Haid Pada Remaja Indonesia. Diunduh 4 Oktober 2015. http://www.Info-Sehat.com/insidelevel2asp?artid=758
Susilo, D. 2013. Pengaruh Pemberian Metode Ceramah dan Metode Dialog Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMANI Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal: OIKONOMIA: Vol. 2 No. 3 (2013)
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Renaja Rosdakarya
Sumadayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Graha Ilmu
Masidjo, I. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius
Milles, MB. dan Huberman, AM. 1995. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI. Press.
Wdyastuti, Y, Rahmawati, A, dan Purnamaningrum, Y, E. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
Sarwono, S.W. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Diterbitkan

2015-09-03

Cara Mengutip

Tri Rahmawati, N. dan Endrawati, S. (2015) “Sosialisasi Metode Ceramah Tentang Haid Dismenorea Terhadap Upaya Meningkatkan Pengetahuan Siswi Di SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo Socialization Methods Lectures About Menstruation Dysmenorrhoea Efforts to Improve Students Knowledge In SMP Negeri 1 Grogo”, Indonesian Journal on Medical Science, 2(2). Tersedia pada: http://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view/48 (Diakses: 5 Oktober 2024).

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>