Pengaruh Variasi Basis Krim Ekstrak Daun Petai Cina (Leucaena Leucocephala) Terhadap Sifat Fisik Sediaan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55181/ijms.v11i1.472

Kata Kunci:

: Petai cina, Variasi basis Krim, uji fisik krim

Abstrak

Daun petai cina dikenal masyarakat memiliki khasiat untuk mengobati luka baru dan bengkak dengan cara daunnya dikunyah atau digerus lalu ditempelkan pada luka, sehingga tidak terlalu tahan lama sebagai obat. Bentuk sediaan setengah padat seperti salep, krim, dan gel menjadi pilihan untuk penyembuhan yang lebih baik karena memungkinkan waktu kontak obat yang lebih lama dan melindungi luka dari kontaminasi  luar..Pengembangan ekstrak daun petai cina ke bentuk sediaan krim sangat penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak etanol daun petai cina(Leucaena leucocephala)  dapat dibuat menjadi sediaan krim dan untuk mengetahui pengaruh variasi basis terhadap uji fisik sediaan krim. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Data diolah secara statistik dengan uji ANOVA dan SPSS 21.0 for windows. Hasil rendemen metode maserasi adalah 6,89% b/b. Organoleptis dari krim adalah berwarna hijau kehitaman, aroma melati, pH 6, uji homogenitas yaitu homogen, tipe krim yaitu M/A dan krim memberikan proteksi. Hasil uji daya lekat uji ANOVA menunjukkan nilai signifikasi (p 0,100) › 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variasi basis terhadap uji daya lekat dari masing-masing formula. Hasil uji ANOVA daya sebar menunjukkan nilai signifikasi (p 0,000) ‹ 0,05, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh variasi basis terhadap uji daya sebar. Jadi tidak ada pengaruh variasi basis terhadap: organoleptis, pH, homogenitas, type krim, uji daya proteksi dan daya lekat tetapi  ada pengaruh terhadap daya sebar.

Referensi

Adhi, 2010. Tanaman Obat : Manfaat atau khasiat petai cina (Laucaena glauca). Bandung: Sentra Informasi Iptek & Digital Library ITB.

Ansel, C. Howard., 1989. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi Edisi IV. Jakarta: UI-Press.

Arisanty, I.P. 2013. Konsep Dasar Manajemen Perawatan Luka. Jakarta: EGC.

Dirjen POM. 1995. Farmakope Indonesia Edisi IV. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Kumoro, Andri Cahyo. 2015. Teknologi Ekstraksi Senyawa Bahan Aktif dari Tanaman Obat. Yogyakarta: Plantaxia.

Kurnianto S. Kusnanto. Padoli. 2017. Penyembuhan Luka Bakar Pada Tikus Putih Dengan Menggunakan Ekstrak Daun Pegagan (Centella Asiatica) 25% Dan Ekstrak Daun Petai Cina (Leucaena Leucocephala) 30%. Jurnal Ilmiah Kesehatan 10(2): 250-255.

Mailana D, Nuryanti, dan Harwoko, 2016. Formulasi Sediaan Krim Antioksidan Ekstrak Etanolik Daun Alpukat (Persea americanaMill.). Jurnal Acta Pharmaciae Indonesia. 4 (2), 7-15.

Purbani. 2009. Menguat Khasiat Jarak Pagar. Jakarta: PT. Argo Media Pustaka.

Rahmawati, S. 2020. Formulasi Dan Uji Efektivitas Krim Ekstrak Daun Petai Cina (Leucaena leucocephala) Terhadap Luka Sayat Pada Kelinci (Orytolagus cuniculus). KTI. Sukoharjo: Prodi Farmasi D3 Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia.

Sirait, Midain.2007. Penuntun Fitokimia Dalam Farmasi. Bandung: ITB.

Sjamsuhidayat R, de Jong W. 2014. Buku ajar ilmu bedah. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Syamsuni, H. A. 2007. Ilmu Resep. Jakarta: EGC.

Tranggono, Iswari, R., Latifah dan Fatmah. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Voigt R. 1994. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Yenti R, Rahim F, Firmansyah, dan Syayuni A. 2016. Formulasi Krim Tipe A/M dari Ekstrak Rimpang Cyperus rotundus L. Untuk Pengobatan Nyeri Sendi. Jurnal Farmasi Indonesia. 8 (2), 174-179.

Yuniarti T. 2008. Tanaman Obat Tradisional. Yogyakarta:MedPress.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Parmadi, A. (2024) “Pengaruh Variasi Basis Krim Ekstrak Daun Petai Cina (Leucaena Leucocephala) Terhadap Sifat Fisik Sediaan ”, Indonesian Journal on Medical Science, 11(1). doi: 10.55181/ijms.v11i1.472.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>