Analisis Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Rawat Jalan dengan Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) di BBKPM Surakarta Periode Tahun 2019-2020

Penulis

  • Kustanti Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia
  • Setia Hari Nurjannah Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia
  • Bangkit Ary Pratama Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia

DOI:

https://doi.org/10.55181/ijms.v10i2.450

Kata Kunci:

beban kerja, kebutuhan tenaga kerja, FTE

Abstrak

Pencapaian produktivitas yang baik perlu adanya keseimbangan beban kerja dengan kemampuan pekerja. Menjaga keseimbangan antara produktivitas dengan beban kerja dilakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar. Beban kerja pekerja yang tidak sesuai dengan standar berakibat pada pelayanan yang tidak baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja di bagian pendaftaran dengan menggunakan metode FTE di Balai Besar Kesehatan Paru Surakarta tahun 2019-2020. Sampel dari penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, Sedangkan cara untuk menentukan jumlah pengamatan menggunakan metode The Maytage Company, penelitian ini menggunakan pendekatan retrospektif. Hasil Penelitian Beban kerja di bagian pendaftaran rawat jalan yaitu sejumlah 8.705 pasien. Berdasarkan standar waktu pelayanan pasien sebesar 10 menit, target kerja per jam di bagian pendaftaran rawat jalan di BBKPM Surakarta adalah melayani sejumlah 6 pasien. Dengan waktu kerja efektif sebesar 7 jam per hari dan jumlah hari kerja selama 5 hari per minggu, maka waktu kerja efektif di bagian pendaftaran rawat jalan adalah sebesar 1.680 jam per tahun. Sehingga dengan menggunakan rumus FTE diatas didapatkan 1 petugas pendaftaran di BBKPM Surakarta. Kesimpulan dari perhitungan kebutuhan tenaga kerja menggunakan metode FTE adalah bahwa BBKPM Surakarta tidak membutuhkan penambahan petugas pendaftaran pasien rawat jalan. Berdasarkan analisis beban kerja dan target kerja per jam yang telah dilakukan, dihitung bahwa petugas yang ada saat ini sudah cukup untuk melayani pasien dengan efisien.

Referensi

DEPKES RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia), 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta.

Iridiastadi, Hardianto dkk. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Gomes, Faustino, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : CV. ANDI OFFSET

Hadi, S. 2000. Statistik Jilid 3. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan RI. 2004.Keputusan Nomor : 81 / MENKES / SK/ I / 2004 Tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Sumber Daya Manusia Kesehatann Di Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota Serta Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan RI

Keputusan Menteri Kesehatan RI. 2008. KeputusanNo : 269/Menkes/Per/III 2008Tentang Rekam Medis. Jakarta : Menteri Kesehatan RI

Kuswana, S. 2014. Ergonomi dan K3 Kesehatan Keselamatan Kerja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, A. 2014. Prediksi Kebutuhan Tenaga Kerja di Bagian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Rumus FTE di RSUD Kota Surakarta Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Kesehatan Mahasiswa Apikes Mitra Husada Karanganyar.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No : 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerja Perekam Medis pada Bab III pasal 13. Jakarta : Menteri Kesehatan RI

Pranoto, Hardi dkk, 2019. Analisi Beban Kerja Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan IV. Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Jakarta.

Priyono dan Marnis, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Taman Sidoarjo : Zifatama Publisher.

Riyanto, Agus. 2017. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Bantul: Mulia medika.

Rustiyanto, Ery. 2010. Etika Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Shofari, Bambang. 2002. Modul Pembelajaran Pengelolaan Rekam Medis dan Dokumentasi Rekam Medis (Buku 2). PORMIKI Jateng, Semarang. Tidak dipublikasikan.

Tarwaka, dkk. 2004 Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta : UNIBA Press

Wardanis, D. 2018. Analisis Beban Kerja Tenaga Rekam Medis Ruah Sakit Bedah Surabaya Menggunakan Metode FTE. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 6.

Wignjosoebroto, Sitomo. 2000. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya : Prima Printing.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Kustanti, Nurjannah, S. H. dan Pratama, B. A. (2023) “Analisis Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Rawat Jalan dengan Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) di BBKPM Surakarta Periode Tahun 2019-2020”, Indonesian Journal on Medical Science, 10(2). doi: 10.55181/ijms.v10i2.450.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>