Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kimia Farma Magetan Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.55181/ijms.v9i2.381Kata Kunci:
tingkat kepuasan, kimia farma, pasien, farmasiAbstrak
Pelayanan kefarmasian merupakan elemen penting dalam mewujudkan kesehatan masyarakat sehingga mutu pelayanannya harus selalu ditingkatkan. Mutu pelayanan salah satunya dicerminkan dalam kepuasan pasien. Masih adanya kasus aduan pasien menandakan masih adanya pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien Apotek Kimia Farma Magetan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 180 pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tertinggi pada dimensi kepastian sedangkan dimensi empati menunjukkan tingkat kepuasan paling rendah. Sebagian besar pasien pelayanan kefarmasian berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 56,1%, usia 46-65 tahun yakni 64,4% dan memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK sebesar 38,3%. Sebagian besar pasien pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Magetan memiliki tingkat kepuasan dalam kategori puas sebesar 51,1%.Referensi
Assauri, S. 2017, Manajemen Pemasaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Kotler, P., & Keller, K.J. 2016, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta
Harahap, R, A., & Fauzi, E. 2019, Komunikasi Kesehatan, Prenadamedia Group, Jakarta
Nurchayanti, S.R.S., 2019, Tingkat Kepuasan Pasien Resep Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Magetan Periode April 2019, Skripsi, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Madiun.
Putri, I.U, dan Kautsar, A.P. 2018, Analisis Kepuasan Pelanggan Apotek X di Kota Bandung, Farmaka, 16(2):195-204
Ratih, P, S., Aditya, M, P., & Ulfah, M. 2018, Hubungan Pengetahuan dan Kebutuhan Pasien Terhadap Informasi Obat di Apotek Amandit Farma Banjarmasih, Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(2), 98-105
Rizqi, A.W.M. 2020, Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu, Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
Supranto, J. 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta
Wuryaningsih, E., Heni, D, W., Erti., I, D., Fitrio, D., & Enggal , H. 2020, Buku Ajar Keperawatan Kesehatan, UPT Percetakan dan Penerbitan Universitas Jember, Jember
Yuniar, Y dan Handayani, R. 2016, Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1):39-48
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yuli Budi Setyono, Rini Sulistyawati, Windadari Murni Hartini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.