Korelasi Penggunaan Media Sosial terhadap Sikap Antisosial pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo
Kata Kunci:
sikap antisosial, penggunaan media sosialAbstrak
Media sosial merupakan suatu bentuk komunikasi elektronik untuk berbagi informasi, ide, pesan pribadi, dan konten lainnya. Kemudahan dan beragam fasilitas pada media sosial berdampak pada peningkatan penggunaan aplikasi tersebut. Tingginya intensitas penggunaan media sosial dapat mempengaruhi turunnya interaksi remaja dengan lingkungan sekitar. Berkurangnya interaksi langsung dengan dunia nyata dapat menimbulkan sikap antisosial pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penggunaan media sosial terhadap sikap antisosial pada remaja Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 60 siswa yang diambil menggunakan accidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Pearson product moment. Hasil penelitian yaitu tedapat korelasi antara penggunaan media sosial dengan sikap antisosial dengan nilai signifikansi p(<0.001)<0.05. Nilai 0.652 menunjukkan bahwa korelasi antara penggunaan media sosial dengan sikap antisosial masuk pada kategori sedang dengan arah positif. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi antara penggunaan media sosial dengan sikap antisosial pada remaja Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo.Referensi
Andarwati, I. (2016). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas XI SMA N 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 1–12.
Aprinta, G., & Dwi, E. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Kepekaan Sosial Di Usia Remaja. The Messenger, 9(1), 65–69.
Cahya Sakti, B., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–501. http://www.fisip.undip.ac.id
Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123.
Hamid, F., Rahman, & Morissan. (2015). Pro-sosial, Anti-sosial Pengguna Media Sosial Di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 4(1), 50–66.
Hartinah, S., Sriati, A., Kosasih, C. E., Padjadjaran, U., Padjadjaran, U., Padjadjaran, U., Media, S., & Addiction, S. M. (2019). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1), 123–133.
Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas, 5(1), 1–8.
Krisnaningrum, I., Masrukhi, & Atmaja, H. T. (2017). Perilaku Sosial Remaja Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kramat, Kabupaten Tegal. Journal of Educational Social Studies, 6(3), 92–98. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess
Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932
Nur, Z., & Agustang, A. (2019). Kontrol Sosial Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Remaja (Studi Di Desa Giring-Giring Kecamatan Bontonmpo Kabupaten Gowa). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 6(2), 68–73.
Paramitha Sari, N., Sudaryanto, E., & Chairus Nasution, U. (2018). Dampak Media Sosial Line Terhadap Perilaku Antisosial Di Kalangan Remaja Gunungsari Surabaya. Representamen, 4(1), 1–8.
Putriny, W. K., Bidjuni, S. H., & Wowiling, F. (2015). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Remaja Di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp) Volume, 3(1), 1–10.
Rahayu, F. S., Kristiani, L., & Wersemetawar, S. F. (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 39–46.
Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa (Studi Kasus Di Lembaga Pendidikan Fikar School). Mozaic Nusantara, 5(1), 73–84.
Syah, R., & Hermawati, I. (2018). The Prevention Efforts on Cyberbullying Case for Indonesian Adolescent Social Media Users. Jurnal PKS, 17(2), 131–146.
Tristy, W. L. (2017). Penggunaan Jejaring Sosial Dengan Konsep Heppy (Help People Around You) Sebagai Strategi BK Dalam Menumbuhkan Empati Peserta Didik. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 408–416. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk
Wahyuningsih, D. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Pengawasan Orangtua Terhadap Perilaku Antisosial (Kasus Penggunaan Smartphone Dan Pengawasan Orangtua Siswa SMP Purnama 3 Semarang Terhadap Munculnya Perilaku Antisosial). Interaksi Online, 5(2), 1–12.
Widia, R. A., & Faizun, Q. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Penguatan Karakter Remaja. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karakter Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, 130–133.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 IJMS - Indonesian Journal on Medical Science
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.