Hubungan Antara Keergonomisan Meja Dan Kursi Dengan Kinerja Petugas Di Tempat Pendaftaran Pasien Rs Pku ‘Aisyiyah Boyolali
Abstrak
ABSTRACT. In hospitals often part lacking registration patients obtain enough attention from the hospital because regarded only as a place of registration. Whereas in place this is occurring contact the first time between the community and hospital, both the good and bad hospital services will start from the place of registration. Size of work designed in ergonomic will attract to do a job, it will reduce the work role is to maximize security, comfort work so officers increase productivity. The purpose of research is to know the relationship between tables and chairs that ergonomics with officer performance in place of registration of patients  RS PKU ‘Aisyiyah Boyolali. The research is research explanatory reseach type. The population in this research was the table, seats and 6 officers in place of registration RS PKU ‘Aisyiyah Boyolali. The sample collection technique using a quota of sampling. Data analysis done in univariat and bivariat, with statistical tests using chi-square. The result showed that a workbench 100 % is ergonomics, 100% seat work did not ergonomics. Registration officer performance patients 66.7 % good and 33.3% is moderate. There was no contact between a workbench and chairs work ergonomics with the officer performance of the registration of hospital patients RS PKU ‘Aisyiyah Boyolali (p>α = 0.414>0.05). Keyword : Ergonomics, Chairs and Seats, Performance ABSTRAK. Pada rumah sakit seringkali bagian pendaftaran pasien kurang memperoleh perhatian yang cukup dari pihak rumah sakit karena dianggap hanya sebagai tempat pendaftaran. Padahal di tempat inilah terjadi kontak pertama kali antara masyarakat dengan rumah sakit, baik buruknya pelayanan rumah sakit akan dimulai dari tempat pendaftaran. Ukuran sarana kerja yang dirancang secara ergonomis akan lebih nyaman untuk melakukan suatu pekerjaan, dapat mengurangi beban kerja yang berperan untuk memaksimalkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja sehingga produktivitas petugas meningkat. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara meja dan kursi yang ergonomis dengan kinerja petugas di tempat pendaftaran pasien, Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian jenis explanatory reseach. Populasi dalam penelitian ini adalah meja, kursi dan 6 petugas di tempat pendaftaran Rumah Sakit PKU ‘Aisiyah Boyolali. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat, dengan uji statistik menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meja kerja 100% ergonomis, kursi kerja 100% tidak ergonomis. Kinerja petugas pendaftaran pasien 66,7% baik dan 33,3% sedang. Tidak ada hubungan antara meja kerja dan kursi kerja yang ergonomis dengan kinerja petugas di tempat pendaftaran pasien Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Boyolali (p>α = 0.414>0.05). Kata kunci : Ergonomi, Meja dan Kursi, KinerjaReferensi
Antropometri Indonesia. 2013. The Largest Anthropometry Data in Indonesia. Dipetik Desember 3, 2013, dari http://antropometriindonesia.com/
Dessler, Gary, 2000. Human Resource Management. Seventh Edition, Prentice Hall, Inc. New Jersey.
Hendrayanti, E. 2011. Analisis beban kerja sebagai dasar perencanaan SDM. Jurnal bisnis dan akuntansi. 4 (08):12-23. Dipetik November 11, 2016.
Londong, D. 2012. Dasar Perancangan Meja dan Kursi Ergonomis. Dipetik Desember 6, 2013, dari http://dedylondong.blogspot.com/2012/03/dasar-perancangan-meja-dan kursi.html.
Lukman. 2012. Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sistem muskuloskeletal. Salemba Medika. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekijo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Suma’mur. 2012. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). CV Sagung Seto. Jakarta.
Tarwaka. 2010. Ergonomi untuk Keselamatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA PRESS. Surakarta.
Dessler, Gary, 2000. Human Resource Management. Seventh Edition, Prentice Hall, Inc. New Jersey.
Hendrayanti, E. 2011. Analisis beban kerja sebagai dasar perencanaan SDM. Jurnal bisnis dan akuntansi. 4 (08):12-23. Dipetik November 11, 2016.
Londong, D. 2012. Dasar Perancangan Meja dan Kursi Ergonomis. Dipetik Desember 6, 2013, dari http://dedylondong.blogspot.com/2012/03/dasar-perancangan-meja-dan kursi.html.
Lukman. 2012. Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sistem muskuloskeletal. Salemba Medika. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekijo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Suma’mur. 2012. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). CV Sagung Seto. Jakarta.
Tarwaka. 2010. Ergonomi untuk Keselamatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA PRESS. Surakarta.
Unduhan
Diterbitkan
2017-01-13
Cara Mengutip
APIKES Citra Medika Surakarta, N. F. (2017) “Hubungan Antara Keergonomisan Meja Dan Kursi Dengan Kinerja Petugas Di Tempat Pendaftaran Pasien Rs Pku ‘Aisyiyah Boyolali”, Indonesian Journal on Medical Science, 4(1). Tersedia pada: https://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view/93 (Diakses: 5 Maret 2025).
Terbitan
Bagian
Artikel