Hubungan Antara Frekuensi Nyeri Menstruasi (Dismenorea) Dengan Tingkat Motivasi Belajar Siswi Di Sma Al Islam 1 Surakarta
Abstract
Abstraksi: Hasil studi pendahuluan menunjukkan dalam keseharian banyak ditemui siswi yang kurang mempunyai motivasi belajar dan sengaja meninggalkan kelas mereka dengan berbagai alasan, salah satunya nyeri menstruasi (dismenorea). Kondisi tersebut juga dialami oleh siswi SMA Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara frekuensi nyeri menstruasi (dismenorea) dengan tingkat motivasi belajar siswi di SMA Al Islam 1 Surakarta.Metode penelitian korelasional. Sampel yang diambil menggunakan teknik quota purposive sampling. Dalam penelitian ini sampelnya adalah 30 siswi SMA Al Islam 1 Surakarta kelas X dan XI yang sedang mengalami menstruasi. Hasil penelitian distribusi frekuensi nyeri menstruasi (dismenorea) siswi SMA Al Islam 1 Surakarta diperoleh 19 siswi berkategori tinggi dan 11 siswi berkategori sedang. Tingkat motivasi belajar siswi SMA Al Islam 1 Surakarta diperoleh 16 siswi berkategori baik, 10 siswi berkategori cukup, dan 4 siswi berkategori kurang.Ada hubungan antara frekuensi nyeri menstruasi (dismenorea) dengan tingkat motivasi belajar siswi di SMA Al Islam 1 Surakarta. Karena nilai Ï (Rho) hitung 0,523 melebihi harga Ï (Rho) tabel 0.364, besarnya Ï (Rho) hitung terletak pada interval 0,40 - < 0,70 dengan makna hubungan yang cukup erat. Semoga penelitian ini dapat menambah wawasan pembaca serta masyarakat pada umumnya mengenai nyeri menstruasi (dismenorea) dan penatalaksanaannya.Kata Kunci : Nyeri Menstruasi (Dismenorea), Motivasi BelajarReferences
[1] Abbaspour, Z, Rostami, M and Najjar, Sh, 2006. The Effect of Exercise on Primary Dysmenorrhea. J Res Health: Scin 6
[2] Alimul Hidayat. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Analisis Data. Jakarta : Penerbit Salemba Medika
[3] American College of Obstetricians and Gynecologists, 2009. Dysmenorrhea. Washington D.C.: American College of Obstetricians and Gynecologists. http://www.acog.org/publications/patient_education/bp046.cfm. (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[4] Bobak , L. 2004. Keperawatan Maternitas. Jakarta : EGC
[5] Calis, Karim Anton, Popat, Vaishali, Devra, Kang K, dan Kalantaridou, Sophia N. 2009. Dysmenorrhea. E-medicine Obstetrics and Gynecology. http://emedicine.medscape.com/article/253812-overview. (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011)
[6] Chandran, Lahta, 2008. Menstruation Disorders: Overview. E-medicine Obstetrics and Gynecology. http://emedicine.medscape.com/article/953945-overview/ (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[7] Chudnoff, Scott G., 2005. Dysmenorrhea. Medscape Ob/Gyn & Women’s Health. http://www.medscape.com/files/feeds/asktheexperts_3.xml/ (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[8] Colin, Caroline M., and Shushan, Asher, 2007. Complications of Menstruation: Abnormal Uterine Bleeding. In: DeCherney, Alan H. ed, Nathan, Lauren ed. Current Diagnosis and Treatment Obstetrics and Gynecology 10th edition. United States of America: McGrawHill
[9] Dimyati Mahmud. 1997. Psikologi Pendidikan. FIP FKIP Yogyakarta
[10] Galya Junizar, 2001. Pengobatan Dismenore Secara Akupuntur. KSMF
[11] Ganong, William F. 1995. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. (Edisi 20). Jakarta : EGC
[12] Hanifa Wiknjosastro. 2005. Ilmu Kebidanan Edisi 3. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
[13] Hussey, J. & Hussey, R. (1997). Business Research: A practical guide for undergraduate and post graduate students. Hounds mills: Macmillan Press.
[14] Latthe P, Mignini L, Gray R, Hills R, Khan K, 2006. Factors Predisposing Women to Chronic Pelvic Pain: Systematic Review. BMJ 332(7544).
[15] Llewellyn D, Jones. 2001. Dasar-Dasar Obstetri dan Ginekologi. Edisi VI. Jakarta : Hipokrates
[16] Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Metode Baru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
[17] Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Teknik Pengambilan Sampel. Dalam: Notoatmojo, Soekidjo, ed. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[18] Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
[19] Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
[20] Rayburn, William F. (2001). Obstetri dan Ginekologi. Jakarta: Widya Medika
[21] Suciati. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas terbuka
[22] Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[23] Saifuddin. 2002. Ilmu Kebidanan Perkata Edisi Ke-3. Jakarta: EGC
[24] Syaifudin Azwar. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[25] Suryabrata. 2004. Penelitian Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat.
[26] Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada.
[27] Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
[28] Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
[29] Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara
[2] Alimul Hidayat. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Analisis Data. Jakarta : Penerbit Salemba Medika
[3] American College of Obstetricians and Gynecologists, 2009. Dysmenorrhea. Washington D.C.: American College of Obstetricians and Gynecologists. http://www.acog.org/publications/patient_education/bp046.cfm. (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[4] Bobak , L. 2004. Keperawatan Maternitas. Jakarta : EGC
[5] Calis, Karim Anton, Popat, Vaishali, Devra, Kang K, dan Kalantaridou, Sophia N. 2009. Dysmenorrhea. E-medicine Obstetrics and Gynecology. http://emedicine.medscape.com/article/253812-overview. (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011)
[6] Chandran, Lahta, 2008. Menstruation Disorders: Overview. E-medicine Obstetrics and Gynecology. http://emedicine.medscape.com/article/953945-overview/ (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[7] Chudnoff, Scott G., 2005. Dysmenorrhea. Medscape Ob/Gyn & Women’s Health. http://www.medscape.com/files/feeds/asktheexperts_3.xml/ (Diakses pada tanggal 12 Desember 2011).
[8] Colin, Caroline M., and Shushan, Asher, 2007. Complications of Menstruation: Abnormal Uterine Bleeding. In: DeCherney, Alan H. ed, Nathan, Lauren ed. Current Diagnosis and Treatment Obstetrics and Gynecology 10th edition. United States of America: McGrawHill
[9] Dimyati Mahmud. 1997. Psikologi Pendidikan. FIP FKIP Yogyakarta
[10] Galya Junizar, 2001. Pengobatan Dismenore Secara Akupuntur. KSMF
[11] Ganong, William F. 1995. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. (Edisi 20). Jakarta : EGC
[12] Hanifa Wiknjosastro. 2005. Ilmu Kebidanan Edisi 3. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
[13] Hussey, J. & Hussey, R. (1997). Business Research: A practical guide for undergraduate and post graduate students. Hounds mills: Macmillan Press.
[14] Latthe P, Mignini L, Gray R, Hills R, Khan K, 2006. Factors Predisposing Women to Chronic Pelvic Pain: Systematic Review. BMJ 332(7544).
[15] Llewellyn D, Jones. 2001. Dasar-Dasar Obstetri dan Ginekologi. Edisi VI. Jakarta : Hipokrates
[16] Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Metode Baru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
[17] Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Teknik Pengambilan Sampel. Dalam: Notoatmojo, Soekidjo, ed. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[18] Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
[19] Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
[20] Rayburn, William F. (2001). Obstetri dan Ginekologi. Jakarta: Widya Medika
[21] Suciati. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas terbuka
[22] Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[23] Saifuddin. 2002. Ilmu Kebidanan Perkata Edisi Ke-3. Jakarta: EGC
[24] Syaifudin Azwar. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[25] Suryabrata. 2004. Penelitian Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat.
[26] Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada.
[27] Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
[28] Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
[29] Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
2013-09-13
How to Cite
Permatasari, I., Dayaningsih, S. and Paramitha C, T. (2013) “Hubungan Antara Frekuensi Nyeri Menstruasi (Dismenorea) Dengan Tingkat Motivasi Belajar Siswi Di Sma Al Islam 1 Surakarta”, Indonesian Journal on Medical Science, 1(1). Available at: https://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view/29 (Accessed: 31 January 2025).
Issue
Section
Articles