Korelasi Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017

Penulis

  • Bangkit Ary Pratama Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia

Kata Kunci:

kepuasan, kualitas, puskesmas

Abstrak

Pelayanan Puskesmas yang berkualitas akan berdampak pada kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan. Kepuasan yang dirasakan masyarakat merupakan salah satu indikator untuk menilai keberhasilan pelayanan suatu pelayanan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikatnya ialah kepuasan pasien. Populasi pada studi ini ialah rekapitulasi pasien yang ada di Poli Umum dan sampelnya diambil dari rata-rata kunjungan pasien setiap harinya sebanyak 56 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho karena data berdistribusi tidak normal. Hasil analisis data menunjukkan nilai p (0,034)<0,05 (r = 0,802) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Kesimpulan pada penelitian ini ialah ada hubungan yang sangat kuat dan positif antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depkes, RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia). 1991. Pedoman Kerja Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik

Depkes, RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia). 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia, Revisi II. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik

Hatta, 2008.Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan.Jakarta: Universitas Indonesia.

Menkes RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 269/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis. Jakarta

Menkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta

Munijaya. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta

Murti B. 2013. Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press

Notoatmodo S.2010.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta:Rineka Cipta.

Sabarguna, B.S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium

Sarwono J.2015. Rumus-rumus Populer Dalam SPSS 22 Untuk Riset Skripsi.Yogyakarta:Andi Offset

Diterbitkan

2018-07-15

Cara Mengutip

Pratama, B. A. (2018) “Korelasi Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017”, Indonesian Journal on Medical Science, 5(2). Tersedia pada: https://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view/147 (Diakses: 31 Januari 2025).

Terbitan

Bagian

Artikel