Korelasi Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017
Kata Kunci:
kepuasan, kualitas, puskesmasAbstrak
Pelayanan Puskesmas yang berkualitas akan berdampak pada kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan. Kepuasan yang dirasakan masyarakat merupakan salah satu indikator untuk menilai keberhasilan pelayanan suatu pelayanan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikatnya ialah kepuasan pasien. Populasi pada studi ini ialah rekapitulasi pasien yang ada di Poli Umum dan sampelnya diambil dari rata-rata kunjungan pasien setiap harinya sebanyak 56 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho karena data berdistribusi tidak normal. Hasil analisis data menunjukkan nilai p (0,034)<0,05 (r = 0,802) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Kesimpulan pada penelitian ini ialah ada hubungan yang sangat kuat dan positif antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien.Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depkes, RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia). 1991. Pedoman Kerja Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik
Depkes, RI (Departemen Kesehatan Republik Indonesia). 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia, Revisi II. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik
Hatta, 2008.Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan.Jakarta: Universitas Indonesia.
Menkes RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 269/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis. Jakarta
Menkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta
Munijaya. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta
Murti B. 2013. Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
Notoatmodo S.2010.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta:Rineka Cipta.
Sabarguna, B.S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium
Sarwono J.2015. Rumus-rumus Populer Dalam SPSS 22 Untuk Riset Skripsi.Yogyakarta:Andi Offset
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 IJMS - Indonesian Journal on Medical Science
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.