Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap

Authors

  • Riska Rosita - APIKES Citra Medika Surakarta APIKES Citra Medika Surakarta

Abstract

Abstract. The community would always expect to make the services hospitals can provide satisfactory services for every users who use them. Satisfaction is one main indicator of to monitor the quality of services. Satisfaction arising based on patients fulfill hope for services provided they received. Because of that need knowledge the quality of health services hospital and the level of patient satisfaction. The purpose of this research is to analyze relations the quality of health service hospital the level of satisfaction inpatients. Design research is correlational by adopting in cross sectional. Population in this research is parents whole inpatients at the hospital PKU Aisyiyah Boyolali. Sample consist of 30 people taken with the methods purposive sampling. Data tested use chi square with independent variable is the quality of health service consisting of: (1) variable of reliability; (2) variable of responsiveness; (3) variable of assurance; (4) variable of empathy, and (5) variable of tangible. While for dependent variable is the level of patient satisfaction. The results of the research indicated a significant relation between the quality of health service and the level of patient satisfaction. Quality of health services in the hospital PKU Aisyiyah Boyolali has affected satisfaction inpatients of 94.5%, while the balance is 5.5% influenced by the other factors.Keywords: Service quality,  patient satisfaction,  health service Abstrak. Masyarakat selalu mengharapkan agar pelayanan rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi setiap pengguna yang memanfaatkannya. Kepuasan merupakan salah satu indikator utama untuk memantau kualitas pelayanan. Kepuasan timbul berdasarkan terpenuhinya harapan pasien atas pelayanan yang diterimanya. Oleh karena itu perlunya mengetahui kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit dan tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Desain penelitian ini yaitu korelasional dengan menggunakan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan orang tua pasien anak rawat inap di rumah sakit PKU Aisyiyah Boyolali. Sampel terdiri dari 30 orang yang diambil dengan metode purposive sampling. Data penelitian diuji menggunakan chi square dengan variabel bebas merupakan kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari: (1) variabel kehandalan; (2) variabel daya tanggap; (3) variabel jaminan; (4) variabel empati; dan (5) variabel bukti fisik. Sedangkan untuk variabel terikatnya ialah tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit PKU Aisyiyah Boyolali telah mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap sebesar 94.5%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 5.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan

References

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Mongkaren, S. 2013. Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Jurnal EMBA 493 1 (4) Desember 2013, Hal. 493-503.
Mustofa, A. 2008. Hubungan Antara Persepsi Pasien Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Temanggung. Jurnal Keperawatan. 1 (2).
Parasuraman,A., Zeithaml,V.A. and Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing 4 (1).
Setyaningsih, I. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Servperf (Lean Service Dan Service Performance). Spektrum Industri. 11 (2): 117 – 24.
Supriyanto, Y. 2012. Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Skripsi. Semarang: UNDIP Press.
Utama, A. 2003. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. Jurnal OPSI. 1 (2): 96 – 110.

Downloads

How to Cite

APIKES Citra Medika Surakarta, R. R. .-. (2017) “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap”, Indonesian Journal on Medical Science, 4(1). Available at: http://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view/100 (Accessed: 20 April 2025).

Issue

Section

Articles