Gambaran Durasi Penggunaan Gawai dan Jenis Aplikasi pada Siswa di SMA Batik 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.55181/ijms.v10i2.434Kata Kunci:
Durasi, Gawai, Jenis aplikasiAbstrak
Ada seabanyak 175,4 juta pengguna internet di Indonesia terhitung dari Januari 2020, meningkat 17% dari tahun 2019, membuat penetrasi internet di Indonesia berada pada angka 64%. Jenis aplikasi diklasifikasikan dalam beberapa kelompok diantaranya yaitu aplikasi media sosial, aplikasi permainan dan aplikasi e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran durasi penggunaan gawai dan jenis aplikasi pada siswa di SMA BATIK 1 Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan descrptive kuantitatif dengan sampel sebanyak 302 siswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Durasi penggunaan gawai dalam kategori tinggi (57,9%). Durasi penggunaan aplikasi media sosial dalam kategori sangat tinggi (54.6%). Durasi penggunaan game online dalam kategori rendah (35.1%). Durasi pengunaan aplikasi e-commerce dalam kategori rendah (73.8%). Gambaran durasi penggunaan gawai dalam kategori tinggi dan jenis aplikasi durasi penggunaan gawai pada siswa di SMA BATIK 1 Surakarta yang digunakan yaitu aplikasi media sosial, game online dan e-commerce.Referensi
APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). 2019. Penetrasi dan Profil Perilaku Penggunaan Jasa Internet Indonesia : Survey 2018. Jakarta : APJII.
Artheswara, L. A dan Sulistiawati, A. 2020. Tingkat Penggunaan E-Commerce Remaja Di Kota Dan Kabupaten. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSKPM), Vol. 4 (4): 437-488. https://doi.org/10.29244/jskpm.4.4.437-488
Aziz, M dan Nurainiah. 2018. Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Desa Meunara Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utar. Jurnal Al-Ijtimaiyyah Vol. 4 No. 4.
Bawenta, N. R. 2019. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Pada Peserta Didik di SMA Negeri 3 Manado. Jurnal KESMAS, 8(7), 344-351.
Chikmah, A, M. 2018. Hubungan Durasi Penggunaan Dadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah Di TK Pembina Kota Tegal. Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Jurnal Siklus Vol. 7 No. 2.
Erik, S dan Syenshie, W. V. 2020. Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Kesehatan Mental Pada Remaja Pria. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, Vol. 2 No. 2, Hal 69 – 76.
Jamni, T. 2019. Dampak Gawai Dan Status Gizi Pada Remaja Di SMK Negeri 1 Ljoknga Dan Poltekkes Aceh 2019. Jurnal SAGO: Gizi dan Kesehatan Vol. 1(2) 207-213. https://dx.doi.org/10.30867/sago.v1i2.417
Jey, G. Dan Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 99-110. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Lestari, Y. M., Dewi, S.Y., dan Chairani, A. 2020. Hubungan Alexithymia dengan Kecanduan Media Sosial pada Remaja di Jakarta Selatan. Scripta Score Scientific Medical Journal. 1(2). 1-9.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55-64. https://Doi.Org/10.33373/Kop.V5i2.1521
Mawitjere, O. T., Onibala, F., dan Ismanto, Y. A. 2017. Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Kejadian Insomnia Pada Siswa Siswi Di SMA Negeri 1 Kawangkoan. E-Journal Keperawatan, 5(1), 1-5.
Novrialdy, E., Nirwana, H., dan Ahmad, R. 2019. High School Students Understanding of the Risks of Online Game Addiction. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 113-119.
Setiawan, D. 2018. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Susilo, B. 2019. Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Mayarakat, 139-143.
Udin, N. F dan Riyadi, S. 2020. Penggunaan Media Sosial Berlebihan Dapat Menyebabkan Insomnia Pada Remaja Di Sentolo Kulon Progo. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan Vol. 16 No. 2, 61-66. http://ejournal.stikesmuhgombong.ac.id
Waty, L. P., dan Fourianalistyawati, E. 2018. Dinamika Kecanduan Telepon Pintar (Smartphone) Pada Remaja Dan Trait Mindfulness Sebagai Alternatif Solusi. Journal Psikologi Unsyiah, 1(2), 84-101.
Wijaya F, et al. 2021. Analisis Pengaruh Usia Dan Jenis Aplikasi Terhadap Durasi Penggunaan Gawai Dalam Satu Hari. STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika) Vol. 4, No. 1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ajeng Qodry Miftakhul Jannah, Siti Fatmawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.