Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Makmur Sehat Sukoharjo

Penulis

  • Safira Khoirunisa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional
  • Retnowati Adiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55181/ijms.v10i2.425

Kata Kunci:

Apotek, pelayanan farmasi, kepuasan konsumen

Abstrak

Pelayanan yang menerapkan standar dalam bidang kefarmasian mampu menciptakan kepuasan pada konsumen. Apotek harus mampu menerapkan standar pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang tidak sesuai akan berpengaruh pada keberlangsungan apotek. Kepuasan yang dirasakan konsumen pada pelayanan yang diberikan akan berpotensi menjadi pelanggan tetap apotek tesebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Makmur Sehat Sukoharjo. Penelitian menggunakan desain diskriptif dan dilaksanakan di Apotek Makmur Sehat Sukoharjo. Sampel yang digunakan sejumlah 385 responden. Pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang mencakup 5 dimensi berupa dimensi bukti langsung/ tangible, ketanggapan/ responsiveness, empati/ emphathy, keyakinan/ confidence, kehandalan/ reliability untuk mengukur kepuasan pasien. Hasil penelitian dimensi  bukti langsung/ tangible sebesar 80,42%, ketanggapan/ responsiveness sebesar 83,12%, empati/ emphathy sebesar 82,81%, keyakinan/ confidence sebesar 80,75%, dan kehandalan/ reliability didapatkan hasil sebesar 80,16%. Secara general, tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Makmur Sehat Sukoharjo masuk dalam kategori sangat puas.

Referensi

Badriya, L. (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Bareng Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Diana, K., Tandah, M.R. and Diwayani, C.A.M. (2022) ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kota Palopo’, 6(11).

Felia, L., Miyarso, C. and Intiyani, R. (2021) ‘Gambaran Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotek Puri Medika Di Kecamatan Buayan Kota Kebumen’, Jurnal Farmasi Klinik Dan Sains, 1(1), p. 26. Available at: https://doi.org/10.26753/Jfks.V1i1.662.

Kemenkes RI (2014) Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Indonesia: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI (2016) Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek. Indonesia: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI (2017) Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Indonesia: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lemeshow, S. (1997) Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Saputri, T.I. (2016) Hubungan Penampilan Perawat dengan Kepuasan Pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Khoirunisa, S. dan Adiningsih, R. (2023) “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Makmur Sehat Sukoharjo”, Indonesian Journal on Medical Science, 10(2). doi: 10.55181/ijms.v10i2.425.

Terbitan

Bagian

Artikel