Analisis Elemen Dukungan Orang Tua terhadap Anak SD Kelas 1-2 dalam Tingkat Kefokusan Menerima Pembelajaran Daring di SDN Pasiraman 03 Kabupaten Blitar

Penulis

  • Dily Ekasari STIKes Bhakti Mulia Kediri
  • Astri Yunita STIKes Bhakti Mulia Kediri
  • Khetrina Anisa Putri STIKes Bhakti Mulia Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55181/ijms.v9i2.380

Kata Kunci:

Dukungan Orang Tua, Anak Sekolah Dasar, Tingkat Kefokusan, Pembelajaran Daring

Abstrak

Dukungan orang tua dalam kefokusan anak adalah segala bentuk bantuan atau sokongan dari orang tua yang berupa dukungan emosional, instrumental, informasional dan penilaian atau penghargaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan elemen dukungan orang tua terhadap anak SD kelas 1-2 dalam tingkat kefokusan menerima pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. sampel diambil dengan tenik purposive sampling sebanyak 30 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua yaitu dukungan emosional dengan nilai p =0.013 dan r (0.446), dukungan instrumental dengan nilai p =(0.013) dan r (0.448), dukungan informasional dengan nilai p =0.031 dan r (0.394), dan dukungan penilaian atau penghargaan dengan nilai p =(0.012) dan r (0.453) terhadap anak SD kelas 1-2 sebagian besar dari responden mempunyai dukungan orang tua baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara dukungan orang tua terhadap tingkat kefokusan anak selama pembelajaran daring. Dukungan orang tua di era pandemi COVID-19 sangatlah penting untuk dapat meningkatkan tingkat kefokusan anak dalam menerima pembelajaran daring.

Referensi

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 259-260.

Ayuwanty,F.,Mulyana,N.,& Zaenuddin ,M. (2018). Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal.fokus: Jurnal Pekerjaan Sosial.Vol 1(2),148-157.

Azizah, Latifah Nur dan Rista Dwi. (2020) Meningkatkan Kemampuan Melalui Permainan Bola Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Teladan, 5(1), 15.

Friedman.2013. Keperawatan Keluarga.Yogyakarta:Gosyen Publishing

Halil, A., Yanis, A., Noer, M. 2015. Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N Padang. Jurnal Kesehatan andalas 4 (1) :53- 57

Julianto V, Dzulqaidah RP, dan Salsabila SN. 2014. Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Quran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Permono, H. (2013). Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini.

UNICEF. 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Journal of Education, Pshycology and Counseling, 2(April), 1–12.

Zaleeva, vera p,.Svetlana S.Bykova dan SilviaVarbonova 2016 “Psychological support for students’adaptation schoolâ€International Journal of Environmental and Science Education 11(3): 151-61.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Terbitan

Bagian

Artikel