Penatalaksanaan Fisioterapi Dada dan Pemberian Rebusan Jahe Merah Dengan Masalah Keperawatan Ketidakefektifan Bersihan Jalan Nafas Pada Pasien Asma Bronkiale Di Desa Singodutan

Penulis

  • Oriza Tiarismi Qufita Resti Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia
  • Deden Dermawan Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia

DOI:

https://doi.org/10.55181/ijms.v9i2.367

Kata Kunci:

Fisioterapi dada, rebusan jahe merah, ketidakefektifan bersihan jalan nafas, asma

Abstrak

Asma adalah kondisi dimana saluran pernafasan mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu dengan gejala yang dirasakan sesak nafas, batuk berdahak yang sulit dikeluarkan sehingga bersihan jalan nafas tidak efektif. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas dengan fisioterapi dada dan pemberian rebusan jahe merah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fisioterapi dada dan pemberian rebusan jahe merah dengan masalah keperawatan ketidakefektifan bersihan jalan nafas pasien asma bronkiale. Jjenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus pendekatan proses keperawatan. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan non probality sampling pendekatan purposive sampling. Data pengkajian pada subjek diperoleh sesak nafas dan batuk berdahak yang sulit dikeluarkan, gelisah, cemas, dan sputum sulit dikeluarkan, irama nafas tidak teratur, kedalaman napas cepat dan dangkal, menggunakan otot bantu pernapasan, ekspansi dada tidak maksimal, terdengar suara pekak, terdapat penumpukan sekret pada bronkus kanan dan kiri, dan terdapat bunyi tambahan ronchi. Diagnosa keperawatan adalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas. Rencana tindakan pemberian fisioterapi dada dan rebusan jahe merah. Implementasi keperawatan dengan pemberian fisioterapi dada dan rebusan jahe merah selama enam kali tindakan. Evaluasi ketiga subjek mengatakan sesak nafas berkurang dan sekret dapat dikeluarkan. Jumlah sekret sekitar 7 – 8 cc dan sekret berwarna putih bening, Pernafasan: 20 kali per menit. Fisioterapi dada dan pemberian rebusan jahe merah efektif untuk mengatasi masalah ketidakefektifan bersihan jalan  nafas.

Referensi

Andarmoyo, Sulistyo. 2012. Kebutuhan Dasar Manusia (Oksigenasi): Konsep Prosedur dan Praktik Keperawatan Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aryayuni, Chella. 2015. "Pengaruh Fisioterapi Dada Terhadap Pengeluaran Sputum pada Anak dengan Penyakit Gangguan Pernapasan di Poli Anak RSUD Kota Depok". Jurnal Keperawatan Widia Gantari. 2(2) 34-42. Desember 2015.

Bulechek, M. d. 2013. Nursing Interventions Classification (NIC) Edisi Bahasa Indonesia. Indonesia: Mocomedia.

Herdman & Kamitsuru. 2018. NANDA Internasional Diagnosa Keperawatan Dan Klasifikasi 2018-2020 . Jakarta: EGC.

Jauhar, M. 2013. Asuhan Keperawatan Panduan Lengkap Menjadi Perawat Profesional. Jakarta: Pustakaraya.

Kasanah, Wahyu. 2015. "Efektifitas Batuk Efektif dan Fisioteapi Dada Pagi dan Siang Hari Terhadap Pengeluaran Sputum Pasien Asma Bronkial di RS PARU dr. Ario Wirawan Salatiga". Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK). 3(3) 1-7. Januari 2015.

Kartini, P. 2017. "Potensi Ekstrak Jahe Merah Sebagai Terapi Alami Kejadian Asma Pada Atlet". UNIPMA. 4(5) 284-290. September 2017.

Mardiyanti. 2013."Dampak Fisioterapi Dada Terhadap Perubahan Status Pernapasan (SpO2, WCSS, HR) Anak Usia Kurang Dari Dua Tahun Dengan ISPA di RSPAD Gatot Subroto Jakarta". Jurnal Keperawatan Altruisik. 1(1) 41-51. Oktober 2013.

Pemkab Wonogiri. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri 2018. Diakses pada tanggal 17 Februari 2021: https://wonogirikab.bps.go.id/publication/2018/profil-kesehatan-kabupaten-wonogiri-2018.html

Putri, Nadia. 2016. "Sinergi Kemangi, Jahe, dan Madu Sebagai Obat Perda Batuk dan Asma". Jurnal Penelitian Siswa. 1-4. Februari 2016.

RISKESDAS. 2018. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Tahun 2018. Diakses pada Tanggal 17 Februari 2021: https://www.litbang.kemenkes.go.id.laporanriset-kesehatan-dasarris-kardas/

Rohmah, N & Saiful, W. 2014. Proses Keperawatan Teori & Aplikasi Dilengkapi dengan NOC-NIC & Aplikasi pada Berbagai Kasus. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sadewa, B. 2006. Tanaman Obat Populer. Yogyakarta: Agromedia Pustaka.

Saheb, A. 2011. Penyakit Asma. Bandung: CV Medika.

Widyarti. 2019. "Penerapan Fisioterapi Dada dan Batuk Efektif dengan Masalah Keperawatan Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif pada Pasien Asma Bronkhonial di Ruang Azzahra 1 RSI

Wijaya, A. S. & Putri, Y. M. 2013. Keperawatan Medikal Bedah 2, Keperawatan Dewasa dan Contoh Askep. Yogyakarta: Nuha Medika.

WHO. 2018. Atshma. Diakses Tanggal 17 Februari 2021: https://www.who.int.news-room/a-a-detail/asthma

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Terbitan

Bagian

Artikel