Pengaruh Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Di Apotek Berkah Santosa Klaten
DOI:
https://doi.org/10.55181/ijms.v8i2.331Kata Kunci:
Apotek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstrak
Apotek adalah tempat pelayanan kefarmasian dengan tujuan melakukan praktek kefarmasian oleh apoteker dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan di Apotek adalah mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek Berkah Santosa Kabupaten Klaten yang dihubungkan dengan kualitas pelayanan yang meliputi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, dan tangible. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang dilakukan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan instrument kuesioner yang menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana dengan jumlah responden 97 orang. Hasil penelitian menunjukan pelayanan kefarmasian berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan signifikan 0,000 < 0,05.Referensi
Anjaryani. DW. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawatan di RSU Tugurejo Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.
Anief, M. 2006. Ilmu Meracik Obat. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Katzung B. G. 2007. Basic and Clinical Pharmacology. 10th ed. Boston : McGraw.
Kolter. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jakarta : Erlangga.
Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Prinsip-orinsip Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Permenkes RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.73 Tahun 2016 tentang Standar Kefarmasian di Apotek. Jakarta.
Rambat, L. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat.
Solikhah. 2008. Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Pasien Dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Pengobatan. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol.11, no. 04, pp 192-9.
Suhardjo. 2007. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Askara.
Sukadji. 2002. Keefektifan Belajar Siswa. Bandung : Remaja Rosydakarya.
Zaini, R. 2001. Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Mutu Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Memperoleh Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Baki Tahun 2001. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 IJMS - Indonesian Journal on Medical Science
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.